Sabtu, 22 Juni 2019

LOMBA KENTONGAN DALAM RANGKA HUT BHAYANGKARA KE - 73 ALUN-ALUN CILACAP


KCNews, Cilacap - Selama dua hari penuh pada akhir pekan ini, Alun-alun Cilacap tampak lebih ramai dari hari-hari biasanya. Kegiatan tahunan ini roadshow dari Blue Core Yamaha Motor Show (BYMS) 2019 dan dalam rangka HUT Bhayangkara yang ke-73. Sabtu (22/06/2019).
Sajian event dalam BYMS ini mengusung konsep pesta rakyat dan bisa jadi alternatif liburan bersama keluarga dari pagi hingga petang. Sepanjang pagi hingga sore, beragam acara sengaja digelar untuk menghibur warga Cilacap dan sekitarnya. 
Selain untuk menghibur, kesenian khas asal Banyumas, yakni Kentongan juga disajikan sebagai bentuk perlombaan. Ada beberapa tim yang turut berpartisipasi menghibur pengunjung BYMS 2019. 
"Kita mengambil suatu aktivitas yang memang merupakan ciri khas dari Banyumas itu sendiri, namanya kentongan. Ini adalah suatu kegiatan yang saya pikir sangat bagus lah untuk kita angkat di acara ini, karena temanya juga kegiatan rakyat ya, " ujar Koordinator Promosi Yamaha Motor Area Jogja, Kedu, dan Banyumas, Belchy Rey Wowor. 
Kesenian tradisional kentongan ini dahulu namanya Tek Tek, salah satu alat komunikasi untuk menginformasikan situasi. Dan kini musik kentongan disajikan dalam bentuk hiburan yang dikembangkan para seniman dengan beragam alat musik namun masih terbuat dari bambu. 
Penampilan lomba kentongan ini semakin menarik lantaran tiap tim membawa properti dan busana berwarna-warni yang menambah meriah suasana. Koreografinya yang atraktif, dipadukan dengan gerak langkah penabuh kentong yang energik membuat penari leluasa mengembangkan bakat seninya. 
Di tambah lagi, beberapa tim membakar kemenyan sehingga bau khas tradisional menambah suasana yang lekat budayanya. Sebagai informasi, selain digelar di Cilacap saat ini BYMS juga digelar di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Ada 10 kota yang di jajal di ajang BYMS 2019 ini dengan membawa ciri khas masing-masing daerah. 
"Berarti dengan kegiatan ini kita bisa mengembangkan kembali budaya-budaya yang ada di area masing-masing, dan saat ini Yamaha yang mengakomodir kegiatan ini, " ujarnya.
Di ajang ini, selain aneka hiburan pengunjung juga bisa mendapatkan beragam layanan gratis dan diskon selama dua hari penyelenggaraan BYMS 2019, pengunjung juga dapat menikmati servis gratis untuk semua merek motor dan gratis ganti oli Yamalube dari Yamaha. 
Di hari kedua, rangkaian acara BYMS 2019 bakal lebih seru lagi dengan penampilan di penghujung acara dari pedangdut Nella Kharisma.(Rzy/red)
Kontibutor : Sholikhun B
https://kesugihannews.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LUPA MATIKAN KOMPOR, RUMAH LUDES TERBAKAR

KCNews, Kesugihan - Peringatan bagi para ibu yang sedang memasak, jangan lupa matikan kompor saat keluar rumah. Kalau tidak bisa terjadi k...